SURABAYA – Seorang wanita muda mengunggah video yang viral di TikTok. Ia mengatakan dengan wajahnya yang sembab bahwa tunggakan PayLaternya mencapai 17 Juta Rupiah.

Video tersebut dibagikan langsung oleh wanita tersebut di akun TikTok pribadinya. Video itu pun telah ditonton 5 juta kali dan mendapatkan klik suka sebanyak 200 ribu.

Di dalam videonya, wanita itu nampak memamerkan wajahnya yang sembab karena baru menangis. Melalui keterangannya, ia mengaku tidak menangis karena masalah pacar melainkan karena tunggakan PayLater.

“Nangis karena pacar (tidak). Nangis karena Spaylater (iya),” tulisnya di dalam video seperti dilansir dari Suara.com, Kamis (8/9/2021). Spaylater adalah PayLater yang dipunyai oleh aplikasi marketplace Shopee.

Selain viral di tiktok, kisah wanita ini juga sampai viral di platform sosial media lain seperti twitter. Berita dari Suara.com terlihat dicapture dan dijadikan cuitan tanpa keterangan tambahan. Lantas, banyak pengguna twitter yang lain ikut berkomentar.

“Orang yg pake paylater tuh ngerasa tenang gak si? Terus yg dibeli tuh barang yg sifatnya mendesak/darurat atau nggak? Gua masih ga ngerti motivasi orang bisa tergiur pake paylater tuh apa haha” balas akun @afrkml pada tweet tersebut.
Lantas bagaimana kiat-kiat kita dalam memakai paylater agar tidak terjebak tunggakan yang besar? Berikut ini daftarnya:

1. Kenali Kebutuhan Kamu Menggunakan Pay Later.
Saat kamu menggunakan uang pinjaman, biasanya kamu akan menggunakannya dengan lebih mudah tanpa berpikir panjang. Jangan gunakan PayLater pada saat itu juga, pikirkan penting-tidaknya pembelianmu sampai keesokan harinya.

2. Manfaatkan Promo Pay Later.
Biasanya pembelian menggunakan PayLater adalah syarat wajib dari beberapa promo menggiurkan. Jadi, jangan lupa pakai promo yang ada jika memang kamu membutuhkan barang tersebut.

3. Pahami Syarat dan Ketentuan Berlaku.
Jangan asal checkout, budayakan membaca Terms and Condition terlebih dahulu agar kamu paham sistem kerja PayLater.

4. Pilih Layanan yang Berizin OJK (Otoritas Jasa Keuangan)
Layanan PayLater atau pinjaman online lainnya yang telah berizin OJK dijamin keamanannya oleh negara.

Leave A Reply

Please enter your comment!
Please enter your name here