SURABAYA – Imun yang kuat tentunya tidak terlepas dari kebugaran tubuh. Walaupun sedang berada di tengah pandemi yang membatasi ruang gerak, kamu tidak boleh melewatkan kebiasaan baik untuk berolahraga.

Olahraga tidak harus dilakukan di luar rumah. Agar aman, kita bisa mencari alternatif olahraga yang bisa dilakukan saat di rumah. Selain aman, kita juga bisa custom alunan musik yang mengiringi olahraga kita. Yaitu dengan lagu-lagu yang sangat kita sukai, agar tak menyurutkan semangat walaupun tidak berolahraga bersama teman.

Berolahraga bersama melalui virtual juga bisa jadi solusi. Beberapa pusat kebugaran atau Gym juga membuka layanan online session untuk bertemu secara daring dengan trainer. Kamu juga bisa menonton youtube untuk panduan berolahraga yang baik dan benar.

Tidak perlu terlalu lama, olahraga minimal dilakukan dalam 150 menit atau 2,5 jam per minggunya. Dengan kata lain, kamu bisa melakukannya dalam hanya 25 menit per harinya atau juga bisa 50 menit 3 hari dalam seminggu.

Berikut ini adalah ragam olahraga yang dianjurkan agar imun tubuhmu meningkat:

1. Kardio
Kardio adalah olahraga yang efektif untuk membakar lemak dan membuat tubuh berkeringat. Contoh dari olahraga kardio adalah lari dan skipping. Kamu bisa memakai treadmill, atau juga bisa berlari di luar asalkan tetap mengenakan masker dan menjaga jarak.

2. Senam Aerobik
Senam aerobik yang memiliki manfaat yang sama dengan kardio, namun biasanya dirasa lebih menyenangkan. Aerobik juga terbukti ampuh meredakan gejala depresi dan anxiety yang kamu punyai.

3. Yoga
Walaupun tidak terkesan berat, yoga efektif membakar lemak dan membuat tubuh banyak berkeringat jika dilakukan dengan benar. Plus, yoga membuat suasana hati menjadi sehingga metabolisme tubuh ikut meningkat.

4. High-Intensity Interval Training
High-Intensity Interval Training (HIIT) yaitu melakukan gerakan secara intens dalam beberapa durasi waktu yang ditentukan (20-60 detik) dan diselingi istirahat sejenak. Biasanya olahraga ini dilakukan oleh orang yang ingin menurunkan berat badan.

5. Dance Cover
Kamu bisa menari bersama artis kesukaanmu, merekamnya dan mengunggahnya ke media sosialmu saat melakukan olahraga ini. Karena tubuhmu aktif dan terus bergerak, kamu akan mengeluarkan banyak keringat.

Leave A Reply

Please enter your comment!
Please enter your name here