SURABAYA – Tubuh memerlukan nutrisi yang cukup, terutama di tengah pandemi Covid-19. Nutrisi berguna untuk meningkatkan imun agar tubuh bisa bertahan menghindari infeksi, mempercepat penyembuhan saat sedang terinfeksi, sampai pemulihan setelah sembuh dari inveksi virus Corona.

Meski tidak ada makanan yang mencegah tubuh dari terkena virus ini, namun menjaga pola makan akan menjadikan tubuh kita fit sehingga tubuh menjadi lebih kebal dalam melawan penyakit.

Juga untuk penyembuhan yang cepat, makanan yang kaya nutrisi akan sangat berpegaruh. Dalam keadaan sakit, biasanya nafsu makan pasien akan menurun sedangkan nutrisi harus tetap tercukupi.

Saat masa pemulihan pun, kita harus memenuhi nutrisi agar kesehatan yang mulai membaik tidak kembali memburuk.

Dilansir dari website resmi WHO Internasional, kita dianjurkan untuk makan berbagai makanan segar setiap hari untuk mendapatkan vitamin, mineral, serat makanan, protein dan antioksidan yang dibutuhkan tubuh kita.

Kita juga sangat dianjurkan untuk minum air yang cukup, menghindari gula, lemak, dan garam untuk menurunkan risiko kelebihan berat badan, obesitas, penyakit jantung, stroke, diabetes, dan jenis kanker tertentu agar tidak menimbulkan komorbid.

Berikut ini adalah daftar makanan yang dianjurkan:
1. Buah-buahan dan sayuran untuk memenuhi serat, berbagai vitamin, dan antioksidan yang baik untuk pemulihan sel.
2. Kacang-kacangan (misalnya lentil, kacang-kacangan), kacang-kacangan dan biji-bijian (misalnya jagung yang belum diproses, millet, gandum, gandum, beras merah. Bijipbijian mengandung karbohidrat, vitamin, mineral dan serat yang diperlukan tubuh.
3. Umbi atau akar bertepung seperti kentang, ubi, talas atau singkong)
4. Makanan dari hewani sumber (misalnya daging, ikan, telur dan susu) yang akan memenuhi kebutuhan protein.

Berikut ini daftar makanan yang dianjurkan untuk dihindari:
1. Makanan yang mengandung gula berlebih
2. Makanan yang mengandung garam berlebih
3. Makanan yang mengandung minyak dan lemak berlebih
4. Makanan yang melalui proses yang banyak (ultra processed food)
Makanan yang sudah melalui proses yang berulang kali contohnya cokelat, es krim, minuman bersoda, makanan cepat saji, sup bubuk, camilan dalam kemasan, daging yang dilarutkan, dan makanan beku yang telah dimasak sebelumnya.

Leave A Reply

Please enter your comment!
Please enter your name here