SURABAYA – Manekin pocong yang diletakkan di Alun-Alun Lamongan untuk edukasi masyarakat telah dicuri oleh warga. Aksi pencurian ini terekam oleh CCTV TMC Dinas Perhubungan Lamongan pada Jumat, (9/7/2021) pukul 00.55.

Dalam video tersebut terlihat dua orang pria berboncengan mengendarai sepeda motor matic berhenti tepat di depan monumen kematian tersebut diletakkan, yaitu di pojokan Alun-alun Lamongan. Mereka pun langsung membawa kabur manekin pocong tersebut.

Kepolisian Resor Lamongan menggunakan media tiga manekin pocong, tiga keranda mayat, dan spanduk yang juga berisikan gambar pocong dan teks ‘Mati Karena Corona’ dan terdapat baliho berukuran besar yang bertuliskan ‘61.140 Orang Meninggal Karena COVID-19 di Indonesia, Mau Gabung?’. Instalasi manekin pocong ini baru dipasang pada hari kemarinnya yaitu Kamis (8/7/2021).

AKP Fybrien Senja Indah Lestari selaku Kasatlantas Polres Lamongan menjelaskan bahwa instalasi manekin itu bertujuan untuk dapat lebih meningkatkan kewaspadaan masyarakat akan angka kematian yang disebabkan oleh virus Covid-19.

“Ini sebagai pengingat saja, agar masyarakat sadar untuk menaati prokes dan peraturan selama PPKM Darurat dan di sini kan dekat pasar, sehingga bisa dilihat banyak orang. Semoga masyarakat sadar, taati prokes, jangan berkerumun. Lha ini malah ada yang nyuri, ” ujar Fybrien.

Pencurian manekin pocong ini juga dibenarkan oleh Kasubag Humas Polres Lamongan, Iptu Estu Kwindardi (9/7/2021). Ia memaparkan bahwa aksi ini masih dalam penyelidikan.

“Aksi tersebut masih proses dilidik, karena terekam CCTV. Mohon waktunya,” ujar Estu.

Dalam rekaman CCTV tersebut, pelaku terlihat mengenakan masker dan pakaian serba hitam.

Video berdurasi 23 detik ini tersebar dan menuai perhatian masyarakat semenjak diunggah di akun Instagram @lantas.lamongan. Tak hanya di Instagram, salah satu warganet juga membagikannya di sosial media Twitter.

Beberapa warganet juga ikut berkomentar perihal pencurian yang masih belum diketahui motifnya ini. Kebanyakan menganggap kejadian ini sebagai hal yang konyol.

“itu bukan diculik tapi mau dimakamkan dengan layak” cuit @inikurcaci di Twitter.

Leave A Reply

Please enter your comment!
Please enter your name here